SITUS DEMO EJOURNAL PIN

Tempat Mencoba (Test Drive) Pengisian Formulir eJournal PIN

Studi Tentang Kualitas Pelayanan Puskesmas Di Kecamatan Sekolaq Darat Kabupaten Kutai Barat (Moses Kaisar Benombo)

Submitted by: ,
On: Mar 24, 2015 @ 9:04 PM
IP: 124.195.118.131

  • Judul artikel eJournal: Studi Tentang Kualitas Pelayanan Puskesmas Di Kecamatan Sekolaq Darat Kabupaten Kutai Barat
  • Pengarang (nama mhs): Moses Kaisar Benombo
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan kualitas pelayanan Puskesmas di Kecamatan Sekolaq Darat Kabupaten Kutai Barat, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu jenis penelitian yang berusaha menggambarkan dan menjabarkan gejala-gejala yang ada atau yang terjadi dalam pelaksanaan pelayanan di puskesmas Sekolaq Darat, pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik penelitian kepustakaan dan penelitian di lapangan yang terdiri dari observasi dan wawancara. Narasumber ditentukan melalui teknik purposive sampling. Data yang akan disajikan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh dari penelitian langsung yaitu berupa data wawancara langsung. Narasumber terdiri dari pihak petugas kesehatan (pemberi layanan) dan pihak masyarakat (penerima layanan) serta data skunder yang diperoleh melalui buku-buku,internet, dan majalah yang sesuai dengan judul penelitian yaitu Kualitas pelayanan. Adapun teknis analisis interaktif yang merupakan rangkaian dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan/verifikasi data.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Sekolaq Darat bisa dikatakan belum berkualitas hal tersebut dapat dilihat dari input Puskesmas yaitu, mengenai fasilitas dan peralatan medis masih belum lengkap, ketersediaan obat-obatan masih belum cukup dan tenaga kerja yang masih kurang sehingga dalam pelayanannya belum bisa maksimal. Namun pada proses yang dilakukan para petugas dalam memberikan pelayanan kesehatan dilihat dari sikap petugas yang ramah kepada masyarakat serta prosedur pelayanan yang tidak berbelit-belit sangat mudah dipahami masyarakat dalam melakukan pelayanan kesehatan di Puskesmas. Dengan adanya perhatian petugas kesehatan pada masyarakat output/outcome yang dirasakan oleh masyarakat yaitu kepuasan pelayanan menjadikan nilai positif bagi para petugas kesehatan.Mengenai faktor pendukung pelayanan kesehatan puskesmas Sekolaq Darat yaitu dana oprasional, sedangkan faktor penghambat pelayanan kesehatan yakni kurangnya peralatan medis,obat-obatan, dan tenaga kerja
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas Pelayanan, Pelayanan Puskesmas
  • NIM: 1102025303
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Program S1 Pemerintahan Integratif
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof.Dr.Hj. Nur Fitriah, M.s, Drs Daud Kondorura, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Pemerintahan Integratif
  • Volume: 3
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): e journal ganjil benar (03-24-15-09-04-22).doc (105 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): e journal ganjil benar (03-24-15-09-04-22).pdf (331 kB)